Etika Berkendara Motor
Mengendarai sepeda motor memang kadang menyenangkan, terutama saat lalu lintas sedang padat-padatnya. Bentuknya yang kecil dan ramping memungkinkan kendaraan roda dua ini dipakai meliuk-liuk melewati deretan mobil sehingga terhindar dari macet.
Namun, kelebihan fleksibilitas motor itu tidak lantas bisa dimanfaatkan seenaknya oleh biker yang mengakibatkan kerugian pemakai jalan lain. Dibutuhkan semacam etika berkendara motor yang bertujuan tidak hanya untuk menghormati sesama pengguna jalan, tapi juga demi keselamatan pengendara motor sendiri.
Sering terjadi, sepeda motor berjalan pelan di tengah jalan.
Ini tentu menyulitkan pengendara mobil untuk menyalipnya. Kalau mau jalan pelan, berjalanlah di pinggir, bukan di tengah jalan. Selain itu, berilah tanda sebelum berbelok sehingga tidak membingungkan kendaraan di belakang pengendara motor. Tak jarang sepeda motor berada di tengah jalan tanpa memberi isyarat apa pun, sementara di depannya terdapat pertigaan atau gang.
Saat lalu lintas sedang padat merayap, motor kerap dengan leluasa meliuk-liuk di antara moncong dan belakang mobil. Atau sering pula, motor memotong antrean dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan jarak sangat tipis. Tak jarang, mobil terserempet atau pengendara mobil menjadi kaget. Nah, di sini biker perlu ekstra hati-hati dengan memperhitungkan secara cermat jarak aman dengan mobil. Yang paling aman, tunggulah saat mobil benar-benar berhenti.Jika suatu saat menyerempet mobil karena terburu-buru memacu motor, selayaknya biker meminta maaf kepada si pengendara mobil. Kalau dimaki-maki, itu risiko atas kesalahan biker. Saat hendak balik arah, idealnya seluruh bodi motor masuk ke pemisah jalan untuk menghindari tersenggol mobil dari belakang atau depan.
Hati-hati menaruh kaki saat berhenti di traffic light. Jangan sampai marah-marah karena kaki terlindas ban mobil atau motor lainnya, padahal biker sendiri yang sembarangan meletakkan kaki. Jika ingin keluar gang dan masuk ke jalan besar, tengoklah kanan kiri dahulu. Jangan “slonong boy” yang bisa menyebabkan orang lain atau biker sendiri celaka.
Naik ke trotoar adalah perbuatan yang melanggar hak pejalan kaki. Patuhi semua rambu lalu lintas.
situs situs
Popular Posts
-
Berkendara sepeda motor yang baik dan benar adalah dengan cara menjaga keseimbangan motor dengan tubuh pengendara. Posisi berkendara yang be...
-
Bila kita membuat blog baru di blogspot.com atau blogger.com, maka di atas sebelah alamat atau nama blog kita akan melihat logo/icon dengan ...
-
Salah satu "tradisi" J-Rocks saat Ramadhan adalah menggarap lagu atau album baru. Begitu juga dengan Ramadhan tahun ini, Iman, Wim...
-
Bagi para sobat yang menggunakan template baru tentu saja akan mengalami kebingungan ketika membaca tutorial terdahulu yang membahas tentang...
-
Salam sahabat!!! petang ini tc akan membagi pengalaman bagaimana membuat tulisan seperti contoh di bawah,sebenarnya ini sudah banyak disedia...
-
Ada banyak helm yang dijual di pasar, mulai dari buatan lokal hingga impor dari negara-negara maju. Nah, aturan helm SNI oleh pemerintah sud...
-
Selamat datang dlm penerbangan RAMADHAN AIR, Dgn tujuan Bandara Int'l IDUL FITRI, no penerbangan 1431.H, tdk lama l...
-
Dengan bertambahnya pengguna sepeda motor, maka kecelakaan sepeda motor juga sering terjadi. Menurut data dari Media Indonesia korban tewas ...
-
Etika Berkendara Motor Mengendarai sepeda motor memang kadang menyenangkan, terutama saat lalu lintas sedang padat-padatnya. Bentuknya yan...
-
Pengenalan Kami memiliki nomor atau permintaan dari orang-orang yang mengeluh tutorial kita dalam desain web dan HTML terlalu sulit untuk p...
Pengikut
About Me
- penbook
- 13's IT Community mempersembahkan Blog ini untuk membantu memberi info-info yang sekiranya bermanfaat bagi pelajar-pelajar ataupun pengunjung yang berkunjung ke-blog ini.
Cuaca surabaya hari ini
!-end>!-weather>
Blog Archive
Ingat Waktu
komentar anda
kalender
!-end>!-my>
0 komentar:
Posting Komentar