Mengendarai sepeda motor memang kadang menyenangkan, terutama saat lalu lintas sedang padat-padatnya. Bentuknya yang kecil dan ramping memungkinkan kendaraan roda dua ini dipakai meliuk-liuk melewati deretan mobil sehingga terhindar dari macet.
Namun, kelebihan fleksibilitas motor itu tidak lantas bisa dimanfaatkan seenaknya oleh biker yang mengakibatkan kerugian pemakai jalan lain. Dibutuhkan semacam etika berkendara motor yang bertujuan tidak hanya untuk menghormati sesama pengguna jalan, tapi juga demi keselamatan pengendara motor sendiri.
Sering terjadi, sepeda motor berjalan pelan di tengah jalan.
Ini tentu menyulitkan pengendara mobil untuk menyalipnya. Kalau mau jalan pelan, berjalanlah di pinggir, bukan di tengah jalan. Selain itu, berilah tanda sebelum berbelok sehingga tidak membingungkan kendaraan di belakang pengendara motor. Tak jarang sepeda motor berada di tengah jalan tanpa memberi isyarat apa pun, sementara di depannya terdapat pertigaan atau gang.
Saat lalu lintas sedang padat merayap, motor kerap dengan leluasa meliuk-liuk di antara moncong dan belakang mobil. Atau sering pula, motor memotong antrean dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan jarak sangat tipis. Tak jarang, mobil terserempet atau pengendara mobil menjadi kaget. Nah, di sini biker perlu ekstra hati-hati dengan memperhitungkan secara cermat jarak aman dengan mobil. Yang paling aman, tunggulah saat mobil benar-benar berhenti.
Jika suatu saat menyerempet mobil karena terburu-buru memacu motor, selayaknya biker meminta maaf kepada si pengendara mobil. Kalau dimaki-maki, itu risiko atas kesalahan biker. Saat hendak balik arah, idealnya seluruh bodi motor masuk ke pemisah jalan untuk menghindari tersenggol mobil dari belakang atau depan.
Hati-hati menaruh kaki saat berhenti di traffic light. Jangan sampai marah-marah karena kaki terlindas ban mobil atau motor lainnya, padahal biker sendiri yang sembarangan meletakkan kaki. Jika ingin keluar gang dan masuk ke jalan besar, tengoklah kanan kiri dahulu. Jangan "slonong boy" yang bisa menyebabkan orang lain atau biker sendiri celaka.
Naik ke trotoar adalah perbuatan yang melanggar hak pejalan kaki. Patuhi semua rambu lalu lintas
nah tadi sebuah artikel semoga bermanfaat salam tatiblalinjar
situs situs
Popular Posts
-
Bila kita membuat blog baru di blogspot.com atau blogger.com, maka di atas sebelah alamat atau nama blog kita akan melihat logo/icon dengan ...
-
Berkendara sepeda motor yang baik dan benar adalah dengan cara menjaga keseimbangan motor dengan tubuh pengendara. Posisi berkendara yang be...
-
Helm, adalah atribut vital bagi pengemudi dan penumpang sepeda motor. Selain melindungi kepala dari sengat matahari hal yang paling penting ...
-
Sekarang sudah mulai musim hujan, berikut tips berkendara saat hujan. Jangan lakukan pengereman mendadak agar motor tidak slip dan tergelinc...
-
1. Siapkan sepeda motor anda jangan berperang dng pedang yg rusak makanya periksa motor anda sebelum mulai berkendara kalo ada suku cadang y...
-
arek IT Sekarang ekskul kita ini sedang menjalani schedule yang sangat panjang di bulan agustus hingga bulan september yaitu: 1. workshop ar...
-
tatiblalinjar ialah singkatan dari tata tertib lalau lintas pelajar.menurut faisal salah satu anggota 13`s It Community"singkatan ini d...
-
Bagi para sobat yang menggunakan template baru tentu saja akan mengalami kebingungan ketika membaca tutorial terdahulu yang membahas tentang...
-
Pengenalan Kami memiliki nomor atau permintaan dari orang-orang yang mengeluh tutorial kita dalam desain web dan HTML terlalu sulit untuk p...
-
Suatu siang yang terik, di sebuah bangsal rumah sakit RSUD Gambiran, Kediri, waktu saya mengantarkan ortu membesuk saudara kadang katut yan...
Pengikut
About Me

- penbook
- 13's IT Community mempersembahkan Blog ini untuk membantu memberi info-info yang sekiranya bermanfaat bagi pelajar-pelajar ataupun pengunjung yang berkunjung ke-blog ini.
Cuaca surabaya hari ini
!-end>!-weather>
Blog Archive
Ingat Waktu
komentar anda
kalender
!-end>!-my>
0 komentar:
Posting Komentar