Suatu siang yang terik, di sebuah bangsal rumah sakit RSUD Gambiran, Kediri, waktu saya mengantarkan ortu membesuk saudara kadang katut yang mengalami kecelakaan lalu lintas, ada yang mengatakan kepada saya,
Dokter bilang anak muda yang patah tulang gara-gara kecelakaan sudah seperti rutin saja. Barusan ada yang di kamar sebelah itu keluar dengan tangan digips.
Lalu sebuah sore yang hangat di kawasan rimbun Bambu Apus, Jakarta Timur, teman saya harus digips tangan kirinya karena didorong jatuh oleh sebuah Honda Jazz di track lurus jalan raya Bandara Halim Perdana Kusuma yang sekilas mirip sirkuit Hockenheim Jerman. Sikunya pecah karena membentur aspal dan harus menahan beban tubuhnya yang sebesar Gajah umur tiga tahun.
Atau delapan tahun yang lalu, sebuah sore yang mendung dan muram, menjelang hari terakhir ujian caturwulan, tempurung lutut kanan saya menghajar aspal yang keras di jalanan Desa Suwaluh, sepulang dari persiapan acara pernikahan kakak sepupu saya. Kejadian menjelang saya menubruk GL Max itu masih membayang sampai sekarang. Dua minggu saya tak bisa berjalan, dua minggu sisanya saya jalan pakai tongkat.
*
Masih berpikir bahwa jalanan adalah maket sirkuit Sepang? Kalau iya, tunggulah sampai saatnya Anda mengaduh kesakitan, entah jatuh, entah nabrak. Semoga tidak sampai gegar otak atau patah tulang ya?
Jalanan Indonesia mungkin salah satu jalanan yang paling berbahaya di dunia. Berjalan pelan dan mengikuti aturan tidak cukup menjamin bahwa Anda akan selamat. Tetapi paling tidak, Anda bisa mencegahnya dengan mengetahui cara-cara berkendara dengan aman. Tentunya Anda masih ingin melihat senyuman hangat keluarga di rumah bukan? Percayalah pada saya, aspal itu bukan lawan yang sepadan untuk tulang kita.
Pakailah Helm
Ini hukumnya wajib. Pakai helm yang mahal, karena yang mahal itu berkualitas bagus. Anda tidak mau main-main dengan komponen terpenting tubuh Anda bukan? Pilih helm yang busanya tebal dan terasa menekan kepala. Disarankan yang memiliki kaca pelindung untuk melindungi mata dari debu. Untuk dalam kota, helm standar semi full-face sudah mencukupi. Tapi kalau di luar kota dimana Anda akan menggenjot kendaraan lebih kencang, disarankan memakai helm full-face.
Jaket dan Celana Panjang
Jaket berfungsi melindungi dada dari terpaan angin. Jangan remehkan angin kalau tidak mau kena paru-paru basah. Celana panjang melindungi dari panas, cipratan air dari pengendara lain, dan menyelamatkan betis Anda dari knalpot yang panas waktu memarkir kendaraan.
Patuhi Rambu Lalu Lintas
Sebenarnyalah, rambu lalu lintas — seaneh apapun — dirancang untuk mengatur arus lalu lintas dan membuat arus itu aman. Selalu ada peringatan batas aman berkendara, dan selalu ada alasan kenapa di sana-sini ada rambu tidak boleh berhenti, tidak boleh parkir, dan tidak boleh berbelok. Meskipun sepertinya rambu lalu lintas di sini telah berubah fungsi, adalah ide yang bagus untuk tetap mematuhinya.
Berkendara dengan Kecepatan Normal
Berapa kecepatan normal itu? Saya yakin setiap orang relatif, misalnya, saya anggap kecepatan 70 km/jam itu normal di jalanan yang sepi (waktu SMA besaran ini ada di titik 100 km/jam). Tapi saya kira semua akan setuju jika kecepatan aman berkendara motor itu 40 km/jam – 50 km/jam di jalanan yang lengang.
Konsentrasi Penuh, Jangan Mengandalkan Insting
Meskipun semua orang bisa mengendarai motor, jarang ada yang bisa berkendara dengan konsentrasi. Saya sering melamun, atau menoleh ketika ada gadis cantik di tepi jalan dan lalu terkejut karena tiba-tiba di depan sudah ada becak atau rombong bakso :)) . Jangan terlalu banyak mengambil asumsi, utamanya ketika di tikungan, di sela-sela mobil, atau waktu akan mendahului. Keadaan yang terlihat aman bisa berbalik secepat kilat dan di saat itu Anda hanya punya waktu sepersekian detik untuk menyelamatkan nyawa Anda.
Kenali Karakter Kendaraan
Apa yang dilakukan motor waktu menerpa angin? Kecepatan berapa maksimal ia stabil waktu menikung? Sedalam apa rem belakang? Se-spontan apa rem depan? Berapa jarak aman untuk mengerem? Jupiter MX saya, misalnya, agak melayang ketika digenjot di kecepatan 100 km/jam, tapi monoshock-nya sangat stabil untuk menikung di kecepatan 40 km/jam. Dengan mengenali sifat-sifat motor, Anda akan tahu bagaimana titik-titik berkendara dengan aman bersamanya.
Jangan Mudah Emosi
Ini mungkin yang paling berat. Di jalanan memang mudah sekali untuk naik darah. Melihat ada yang geber-geber gas di lampu merah saja sudah panas dan sudah pasang posisi mirip Valentino Rossi. Mengalahlah pada begundal jalanan yang potong sana-sini. Para begundal itu suatu saat akan berakhir di rumah sakit dengan lengan patah.
Waspada dengan Mobil dan Bus
Selalu jaga jarak aman, baik ketika di depan, belakang, atau samping. Jangan terlalu dekat. Buat Anda yang tak pernah nyetir mobil, FYI, seorang sopir mobil mengetahui kondisi sekeliling hanya dengan mengandalkan pandangan mata dan tiga spion. Spion kiri, spion kanan, dan cermin di tengah. Selebihnya insting dan perasaan yang bermain. Oleh karena itu, ada titik-titik yang tak terlihat oleh sopir yang disebut blind spot. Anda jangan sampai berada di area ini kalau tidak mau celaka.
Ketika akan memotong mobil, pastikan keadaan aman. Jaga jarak aman. Lewati mobil dengan cepat. Jangan memotong terlalu pendek dan mendadak, apalagi langsung mengerem ketika sudah ada di depan mobil. Jangan sekali-sekali berada terlalu lama di sisi pintu depan, karena tempat itu paling tidak terlihat sopir. Kalau si mobil bergeser, Anda akan langsung kena tubruk.
Mari kita galakkan gerakan berkendara dengan aman, untuk kenyamanan bersama. salam tatiblalinjarsby
situs situs
Popular Posts
-
Bila kita membuat blog baru di blogspot.com atau blogger.com, maka di atas sebelah alamat atau nama blog kita akan melihat logo/icon dengan ...
-
Berkendara sepeda motor yang baik dan benar adalah dengan cara menjaga keseimbangan motor dengan tubuh pengendara. Posisi berkendara yang be...
-
Helm, adalah atribut vital bagi pengemudi dan penumpang sepeda motor. Selain melindungi kepala dari sengat matahari hal yang paling penting ...
-
Sekarang sudah mulai musim hujan, berikut tips berkendara saat hujan. Jangan lakukan pengereman mendadak agar motor tidak slip dan tergelinc...
-
1. Siapkan sepeda motor anda jangan berperang dng pedang yg rusak makanya periksa motor anda sebelum mulai berkendara kalo ada suku cadang y...
-
arek IT Sekarang ekskul kita ini sedang menjalani schedule yang sangat panjang di bulan agustus hingga bulan september yaitu: 1. workshop ar...
-
tatiblalinjar ialah singkatan dari tata tertib lalau lintas pelajar.menurut faisal salah satu anggota 13`s It Community"singkatan ini d...
-
Bagi para sobat yang menggunakan template baru tentu saja akan mengalami kebingungan ketika membaca tutorial terdahulu yang membahas tentang...
-
Pengenalan Kami memiliki nomor atau permintaan dari orang-orang yang mengeluh tutorial kita dalam desain web dan HTML terlalu sulit untuk p...
-
Suatu siang yang terik, di sebuah bangsal rumah sakit RSUD Gambiran, Kediri, waktu saya mengantarkan ortu membesuk saudara kadang katut yan...
Pengikut
About Me

- penbook
- 13's IT Community mempersembahkan Blog ini untuk membantu memberi info-info yang sekiranya bermanfaat bagi pelajar-pelajar ataupun pengunjung yang berkunjung ke-blog ini.
Cuaca surabaya hari ini
!-end>!-weather>
Blog Archive
Ingat Waktu
komentar anda
kalender
!-end>!-my>
0 komentar:
Posting Komentar